Pemeran : Takuya Kimura, Tomoko Yamaguchi, Takako Matsu, Yutaka Takenouchi, Izumi Inamori, Ryou, Ryoko Hirosue, dll.
Theme Song: La La La Love Song oleh Toshinobu Kubota dengan Naomi Campbell.
Penayangan di Jepang : 15 April 1996 sampai 24 Juni 1996 - 12 episode - FUJI TV
Penayangan di Indonesia : 28 Februari 2001 sampai 30 Mei 2001 - 14 episode - Indosiar

Tentunya kamu belom lupa kan sama dorama satu ini yg belom lama ini tayang di Indosiar? Yup, Long Vacation! Dorama yang membuat Takuya Kimura terkenal! Pemutaran Long Vacation di Indosiar benar2 menarik perhatian penonton, apalagi dengan jam primetime-nya, yang menurutku itu bener2 primetime!^_^

Baik yg fans dorama sejati maupun yang bukan, pasti menyempatkan diri untuk nonton dorama satu ini tiap Rabu jam 8.30 malam di Indosiar. Disinilah pertama kalinya, Takuya dipertemukan dengan Takako Matsu yang berperan sebagai Ryoko Okuzawa, adik kelas yg sangat disukai karakter Takuya, Sena Hidetoshi. Waktu itu, aku udah lumayan seneng sama Takako Matsu dan berharap karakternya bakal jadi sama Sena. Terutama, karena aku nggak begitu ngedukung hubungan cewek sama cowok yg lebih muda 7 tahun =P Makanya...aku seneng banget pas di episode 5, mereka akhirnya jadian walaupun hanya berlangsung satu episode ^_^ Tetep aja, sih...aku terhibur, abis kencan mereka garing, sih...jadi agak lucu juga nontonnya.

Terus, entah terpengaruh atau gimana, tiba2 aku nggak begitu ngebelain Ryoko lagi, karena sikapnya yang mencampakkan Sena begitu aja. Udah gitu, kebanyakan temen2ku juga nggak suka sama Ryoko itu. Hehe...yah, kalo aku, sih...netral2 aja terhadap Ryoko.
Makanya, sepanjang nonton Long Vacation itu, walaupun aku seneng ngikutin ceritanya yang penuh konflik dan menarik itu, tapi aku nontonnya nggak pake emosi...berhubung aku nggak ngerasain apa2 untuk Sena dan Minami, jadian oke, nggak jadi juga oke, malah aku cenderung milih sebaiknya Minami sama Sugisaki aja =P
Tapi, yang pasti...aku paling suka itu themesong-nya...KEREN BANGET!!! Dan, cocok abis sama ceritanya sendiri. Apalagi ama adegan2 openingnya juga cocok banget!
 

Berikut ini beberapa adegan Sena dan Ryoko berikut gambarnya, tapi berhubung ini berdasarkan ingatan beberapa bulan yang lalu, jadi mohon maaf kalau ada kesalahan, yaaaa......

"Kak Sena?"
"Ahh...yang waktu itu, menelfon...kenapa?"
"Oh, itu...ini...aku ingin tahu ini nada lagu apa..." Ryoko memainkan beberapa not lagu di pianonya. Kemudian, Sena ngasih tau nama lagunya.
Ryoko tersenyum, "Ah, iya...itu...benar! Karena Kak Sena tidak ada jadi aku menanyakannya pada orang lain, dan orang itu memberitahuku nama lagunya...."
"Begitu, ya....mm...kalau begitu, ya..sudah..." Sena berbalik. Ryoko menunduk kepalanya sedikit dan tersenyum.
Tiba-tiba Sena berbalik dan berkata, "Tidak ada hubungannya!"
"Apa?"
"Wanita yang di telfon itu tidak ada hubungan apa-apa denganku...dia hanya wanita aneh yang senang main ke apartemenku...."
"Ohh..."
"Ini...tiket konser...mau---maukah kau pergi bersama?"
Ryoko tersenyum agak malu dan mengangguk.

 

Ryoko menjelaskan pada Sena betapa dia ingin pergi ke taman ria bersama teman. Karena dia sudah lama tidak pergi ke taman ria. Ryoko mengatakannya seakan tidak sadar kalau Sena mengajaknya kencan. 
Lalu Sena berkata, "Bukankah kita ini sedang kencan?". Ryoko agak terkejut dan berkata, "Jadi...kita sedang kencan, ya?"
 
 




"Aku...aku...." Sena berkata pada Ryoko.
Lalu, dia mengumpulkan keberaniannya dan berkata, "Tetaplah disini....berada disampingku. Jangan pergi kemana-mana," lalu Sena memeluknya.


 
 
 

Sena tersadar apa yang telah dilakukannya, "Ah...maaf..." ia melepaskan pelukannya, dan jalan berbalik meninggalkan Ryoko. Tiba-tiba, Ryoko berteriak, "Aku disini!! Aku akan tetap disini...berada disampingmu."

 
 






"Filmnya lucu sekali, ya!"
Ryoko tertawa kecil dan mengangguk setuju, "Benar..."
Ryoko menggambarkan peristiwa favoritnya, tapi Sena tidak ingat.
"Kalau aku, aku suka bagian saat Paul menipu orang itu seperti ini..." dia menirukan gaya orang di film itu, "...benar2 lucu sekali!" Sena tertawa.

Ryoko tertawa segan dan berkata, "Tapi...menurutku..itu tindakan pengecut...."
Sena agak terkejut, lalu berkata, "Ah, begitu, ya! Mungkin memang begitu...tapi itu lucu kan?"
Ryoko tertawa hambar.
"Iya...iya, tapi itu memang tindakan pengecut..." kata Sena.
Suasana janggal mulai terasa....
 

"Kapan kita pergi lagi..." kata Sena.
Ryoko berekspresi segan, "Mmm...aku minta maaf, tapi aku akan sangat sibuk satu bulan ini, karena aku harus mempersiapkan diri untuk kompetisi piano bulan depan...."
Sena agak kecewa, "Begitu, ya..."

"Tapi, aku akan telfon Kak Sena kalau aku punya waktu luang!"
Sena mengangguk tapi tetap merasa kecewa.
 
 



"Kenapa?? Kenapa menangis?"
Ryoko tidak menjawab.

"Ada apa?"
Dengan terisak, "Maaf...aku menyukai orang lain....aku tidak bisa berhubungan denganmu lagi..."
Sena terdiam beberapa saat. Lalu berkata, "Kenapa menangis? Kan tidak perlu menangis seperti ini...."
"Maaf...aku benar-benar minta maaf..."

Yah!! Sekian Long Vacationnya!^_^ Silahkan lanjut ke DORAMA berikutnya!^O^